Tips Membagi Waktu Dengan Efektif

Cara Membagi Waktu Dengan Benar dan Efektif

Waktu adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Namun bahkan kita sendiri tak pernah menyadari hal tersebut. Jika ditelaah lebih jauh lagi hidup kita dalam sehari hanyalah 24 jam. Sedangkan waktu efektif aktifitas hanya separuhnya. Jika dari separuh hari itu kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, harapan untuk tercapainya kehidupan yang lebih baik dan berkembang tinggal di depan mata. Yang perlu diingat juga adalah jangan pernah menyepelekan hal kecil. Jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari. Untuk membagi waktu kita dalam sehari yang paling penting adalah disiplin dan teratur.

Kita simak tips berikut ini:

1. Awali mengatur waktu Anda dengan membuat agenda hal yang harus dilakukan setiap hari. Buatlah catatan kecil di malam hari yang berisikan jadwal kegiatan Anda keesokannya. Setelah terorganisir dengan baik jangan lupa taruh catatan tersebut pada tempat-tempat yang kemungkinan besar mudah terlihat. Seperti ditempelkan pada lemari baju ataupun di pintu kamar mandi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah Anda membaca jadwal itu lagi keesokan harinya.

2. Sebelum Anda membuat jadwal untuk besok pagi, koreksi pelanggaran yang telah dilakukan hari ini. Buat evaluasi apa penyebabnya Anda melakukan pelanggaran dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini juga harus diselesaikan untuk mencegah kesalahan serupa terjadi lagi pada Anda. Cobalah berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jadwalkan semua kegiatan Anda dengan lebih realistis. Anda yang paling mengerti maka Anda yang menentukan.

3. Jangan lupakan jadwal yang telah Anda buat semalam. Begitu bangun tidur, cobalah periksa agenda Anda. Jangan sampai Anda melewatkan rapat penting ataupun ujian.

4. Jadwal yang Anda buat haruslah dipatuhi. Jangan sekali-kali kita mengacuhkan jadwal itu ataupun menggantinya. Namun jika ada kegiatan yang sangat penting, maka Anda boleh tiba-tiba mencantumkannya untuk mengganti kegiatan yang kurang penting dan masih bisa ditunda. Jangan Anda mengorbankan serangkaian jadwal hanya karena tergiur ajakan main teman-teman Anda.

5. Ada bagusnya Anda memiliki sebuah organizer yang bisa mengatur jadwal dan menandainya dengan bunyi alarm. Tulis setiap janji-janji Anda di catatan dengan warna yang mencolok dan simpan di tempat yang mudah terlihat. Saat Anda membuat jadwal, jangan lupa periksa ulang janji Anda. Jangan sampai ada yang terlewat atau bentrok dengan kegiatan lain.

6. Jangan suka menunda pekerjaan penting, karena Anda akan kehilangan waktu untuk mengerjakan yang lain. Pekerjaan yang Anda tumpuk selama beberapa hari tidak akan mempermudah Anda untuk sekaligus mengerjakannya. Namun konsentrasi Anda akan buyar dengan banyaknya hal yang harus diselesaikan.

7. Gunakan waktu refresing sebaik mungkin. Boleh saja Anda gunakan untuk pergi belanja bersama teman ataupun menghabiskan waktu dengan nonton TV di rumah. Namun jangan lupa waktu jika sudah waktunya tidur, sebaiknya Anda bergegas atau terlambat besok pagi.

8. Biasakan untuk memulai hidup rapi. Letakkan barang yang telah Anda pakai di tempat semula. Hal itu akan memudahkan Anda mencari barang tanpa menghabisakan waktu dan tak perlu memakan waktu lama saat tiba waktunya beres-beres rumah. Praktis kan?

9. Yang terakhir, jangan menyalahkan orang lain atas pelanggaran itu. Mungkin benar Anda melanggarnya karena terbujuk rayuan teman-teman untuk pergi hangout bersama. Namun semua jadwal yang Anda buat beserta pelanggarannya adalah tanggung jawab Anda sendiri. Tunggu apalagi? Tak perlu menghabiskan kursus atau membeli buku tebal untuk mempelajari cara membagi waktu yang baik. Semua harus bermula dari hati dan diri Anda sendiri.

Selamat mencoba!
Share this article :
 
Support : arilvalentino@hotmail.com | Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Aril Valentino - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger