aril valentino

Mengoptimalkan Modem EVDO Smartfren

Mengoptimalkan Modem EVDO Smartfren

1. Pilih Mode Jaringan EVDO

Karena jaringan dengan mode ini pengantar dan transmisi data lebih besar, seperti yang tertera di modemnya sekitar download 3,1 Mbps dan uploadnya 1.8 Mbps. Evdo (Evolution Data Optimized) adalah sebuah standar pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO merupakan satu dari dua macam standar utama nirkabel Generasi ke-3 atau 3G. adapun standar yang lainnya adalah W-CDMA.Itu kata tante wikipedia, brarti EVDO ini dapat di simpulkan standar koneksi wireless berkecepatan tinggi untuk CDMA, kalau GSM mungkin itu yang di sebut HDSPA.


Berarti jelas, untuk mode jaringan kita pilih EVDO lebih baik, secara default modem Smartfren aktif dalam mode HYBRID, yang artinya mode jaringan modem kita aktif dalam dua mode, yaitu mode 1X dan mode EVDO. Mode hybrid merupakan mode yang mirip dalam konsep loadbalancing dalam sebuah router, yang mana jika jaringan a mati maka akan di backup oleh jaringan b, begitu juga mode hybrid. Jaringan EVDO mati secara otomatis akan dialihkan pada mode jaringan 1X. Jaringan 1X di Smartfren, layaknya jaringan GPRS di GSM biasa, kalau tidak boleh disebut sama. Menggunakan jaringan 1X ini tentu akan terasa lebih lambat dibanding mode EVDO. Bayangkan saja pipa data mode EVDO yang dijanjikan provider 3.1 Mbps harus berubah ke mode 1X dengan speed sekitar 156 Kbps.

2. Kurangi Panas Modem Smartfren

Pemakaian yang berlebihan tentu tidak baik, apapun itu, namun terkadang kita diharuskan menggunakan sesuatu itu secara berlebihan, tanpa ada pilihan lain. Penggunaan modem terlalu lama misalnya akan menyebabkan modem Smartfren menjadi panas. Dengan kondisi yang panas, modem akan berkurang kualitasnya. Untuk mengatasi panasnya modem, banyak cara dapat dilakukan mulai dari menggunakan plat aluminium sampai membongkar - bongkar modem. Cara seperti ini terlalu extrim, saya tidak bisa menceritakan lebih lanjut, silahkan baca di sini jika anda merasa tertarik untuk membongkar - bongkar modem Anda. Demi kenyamanan berinternet, cara paling mudah mengurangi panas modem Smartfren adalah dengan memberikan kipas kecil di casing modemnya.

Atau Anda memilih salah satu - jaringan yang ada, dengan arti mengurangi beban modem untuk mencari signal EVDO dan signal 1X. Pastikan signal terkuat yang di tangkap modemlah yang digunakan, kalau di tempat anda telah support koneksi EVDO gunakanlah mode EVDO, karena seperti cerita kita di atas, tansfer data EVDO lebih besar dibanding mode 1X.

Tapi bila tempat Anda jauh dari pemancar jaringan EVDO Smartfren, cobalah ubah mode ke 1X dan bersabar menggunakan speed koneksi layaknya gprs modem sekitar 156 Kbps. Pilihan terakhir tentunya.

Cara mengubah mode modem smartfren dari HYBRID ke EVDO atau mengubah mode dari hybrid ke 1X: Pastikan koneksi Anda dalam mode disconnect kemudian klik SETTINGS dan pilih EVDO Only atau 1X. Klik tombol OK untuk menyimpan settingan.

3. Perkuat Signal EVDO
 
Banyak artikel kita temukan untuk memperkuat signal EVDO, seperti meletakkan sebuah adonan kue di bawah modem, mungkin prinsip ini bisa saja benar, namun saya tidak bisa janjikan kebenarannya secara teknis. Namun yang saya yakin sekali memperkuat signal EVDO adalah dengan meletakkan modem lebih tinggi dari tempat biasanya, untuk itu Anda butuh kabel USB yang memiliki booster sebagai penguat arus listrik ke modem usb, karena jika tidak, maka koneksi akan lebih parah.

4. Ubah Profil Modem Smartfren


Secara default, modem Smartfren disetting networknya dengan name smart, number #777, user dan password smart. Terkadang jaringan pada mode default ini terlalu padat, sehingga mengurangi kualitas koneksi yang kita dapatkan, dan untuk itu kita harus memilih jaringan yang sedikit lebih plong, silahkan coba profil berikut:

Name : smart2
Number: *31*11111#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap

Atau

Name: smart3
Number: *98#
Username: cdma atau wap
Password: cdma atau wap

Kedua profil tersebut aktif dan bisa saya gunakan, silahkan di coba di modem Anda.
Atau profil berikut namun belum saya coba saat menuliskan ini.

Name: smart4
Number : 080989999
Username: telkom
Password: telkom

Cara mengubah profil modem smartfren: Klik SETTINGS > Klik New > Isikan profil dan klik tombol OK.

Jika salah satu profil atau profil default yang Anda pilih terasa lelet, silahkan pilih profil yang kira-kira agak kosong, mudah-mudahan ada salah satu tempat untuk koneksi modem Anda.
Share this article :
kaca patri
 
Support : arilvalentino@hotmail.com | Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Aril Valentino - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger