Memperbesar Virtual Memory Komputer

Cara Memperbesar Virtual Memory Komputer
Jika komputer Anda kekurangan random access memory (RAM) yang diperlukan untuk menjalankan sebuah program atau operasi, windows menggunakan virtual memory untuk mengimbanginya.

Virtual memory menggabungkan RAM komputer dengan ruang penyimpanan sementara pada hard disk Anda. Ketika RAM Anda low, virtual memory memindahkan data dari RAM ke ruang penyimpanan yang disebut paging file. Pemindahan data dari dan ke paging file membebaskan RAM untuk melengkapi pekerjaannya.

Semakin besar RAM yang dimiliki oleh komputer Anda, semakin cepat program berjalan pada umumnya. Jika kekurangan RAM memperlambat komputer Anda, Anda mungkin perlu meningkatkan virtual memory untuk mengimbanginya. Bagaimanapun, komputer Anda dapat membaca data dari RAM lebih cepat dibanding dari hard disk, maka menambah RAM adalah solusi terbaik.

Jika Anda mendapatkan peringatan low memory, Anda perlu menambah RAM atau memperbesar ukuran paging file supaya Anda dapat menjalankan program pada komputer Anda. Windows biasanya mengatur ukuran paging file secara otomatis, tapi Anda dapat mengubah ukuran virtual memory secara manual jika ukuran default tidak cukup untuk keperluan Anda.

Cara memperbesar virtual memory adalah sebagai berikut:

1. Klik kanan My Computer, kemudian klik Properties.


2. Klik tab Advanced, kemudian klik Settings di bagian Performance.


3. Klik tab Advanced, kemudian klik Change.


4. Pilih Drive dan tentukan besarnya virtual memory yang diinginkan, klik Set, kemudian klik OK.


Share this article :
 
Support : arilvalentino@hotmail.com | Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Aril Valentino - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger